NASEHAT BUAT SAHABAT...

By : Sanjudi

(nasehat ini disampaikan pada hari wisuda mahasantri Arraayah angkatan ke-3)

Hadirin rahimani warahimakumulah,Allah SWT berfirman dalam suah al mjaadalah 
 
يرفع الله اللذين ءامنوا منكم واللذين أوتوا العلم درجت ولله بما تعملون خبير     

       Ketika kita mencoba membuka tafsiran ayat ini ternyata kita menemukan bahwasanya Allah SWT mengangkat dan meninggikan orang yang beriman dan orang yang berilmu,akan tetapi ketika kita melakukan sebuah penganalisaan  secara global,secara makro,dan secara deduktif, Ternyata dunia ini begitu kaya dengan orang-orang yang pintar akan tetapi sayang dunia ini begitu miskin dengan orang –orang  yang jujur,dunia ini begitu kaya dengan para pejabat akan tetapi sayang begitu sulit mencari keadilan,dan dunia ini begitu kaya dengan para konglomerat tapi berapa banyak saudara kita yang mati kelaparan,kenapa semua ini bisa terjadi??.. karena banyak manusia yang memiliki ilmu akan tetapi tidak di landasi dengan nilai-nilai keimanan.Berawal dari titik permasalahan ini kita mencoba dan berusaha agar bisa menghapusan noda hitam yang menyelimuti dunia ini,kita berjuang mati-matian agar bisa membawa manusia kejalan yang lurus dan benar.
Dan kami di sini mewakili seluruh teman-teman menucapakn berjuta-juta terimakasih kepada para guru-guru yang telah  mengorbankan waktu dan tenaganya dalam membimbing dan mendidik kami agar kami menjadi manusia yang bermanfaat bagi masyarakat,bangsa,negara, dan terutama bagi agama,yang telah meneteskan keringatnya, air matanya   bahkan sampai mengeluarkan tetesan darahnya agar kami bisa menjadi manusia yang mulia di hadapan Allah SWT dan di antara semua manusia.
Dan kami mohon maaf seandainya ada perkataan kami yang menyakiti hati mereka atau ada perbuatan kami yang dapat membuat air mata mereka berlianang,dan maafkan kami kalau kami belum bisa membalas apa yang telah mereka berikan atau mungkin kami tidak akan pernah bisa membalas apa yang telah mereka korbankan.tapi insyaallah kami akan selalu berdo’a agar allah SWT senantisa memberikan kebahagiaan kepada mereka di dunia dan akhirat.
Dan kepada saudara bersar kami,kaka-kaka kami yang berada di semester enam kami mengucapkan terimakasih karna kalian sudah menjadi figur yang baik bagi kami,karena kalian sudah membimbingkami dalam memahami beribu-ribu pelajaran dan memahami tentang arti sebuah kehidupan,dan kami mohon ma’af karna kami hanya bisa membuat kalian kesal dan marah.
Dan kepada adik-adik kami,kami ucapkan terimakasih karena kalian sudah menjadi insfirasi bagi kami,karna kalian kami bisa bertahan dan berjuang di tempat ini,dan ma’afkan kami kalau kami belum bisa menjadi figur yang baik bagi kalian. 
Dan yang terakhir kami pesan kepada teman-teman yang mau melangkahkan kakinya dari rumah perjuangan ini ;
1. Jagalah militansi islam yang telah kita semai bersama di rumah perjuangan ini,marahlah ketika kita mendengar islam di caci dan di maki,marahlah ketika seorang muslim menghidupkan sunah-sunah rasul SAW dihinakan dan di kucilkan,tapi ingat marah bukan berarti anarkis tapi marahlah sebagaimana rasuallah SAW ajarkan kepa kita,berilah mereka nasihat dan berdoalah kepada Allah supaya mereka di sadarkan.
2. Jagalah tali persaudaraan dengan erat dan jauhkanlah diri kita dari sifat-sifat panatisme golongan,karna musuh-musuh islam takut ketika melihat islam bersatu dan mereka tertawa ketika melihat islam terpecah belah.
3. Jangan pernah berhenti menuntut ilmu,karna tidak mungkin kita mendapatkan kebahagiaan dunia dan akhirat kecuali dengan ilmu,sebagaimana imam as syap’I berpsan ……..
Dan bagi teman-teman yang mau melanjutkan perjuangannya di tempat ini kami pesan perbaikilah niat kalian ikhlaskanlah perjuangan ini untuk Allah SWT dan bersabarlah,karna tdak mungkin ada siswa yang mampu bertahan di tempat ini kecuali dengan keikhlasan dan kesabaran,dan bersungguh-sungguhlah dalam mencari ilmu karna karna tidak mungkin ilmu di dapat dengan badan dan otak yang tidak bergerak……………………..
Demikian yang dapat saya sampaikan terima kasih atas segala perhatian wabillahi taupe wal hidayah assalamualaikum warah matullahi wabarokatuh.


1 komentar:

  1. tlog ayatnya di murojaah kembali
    ucapan makasih atas partisipasinya..

    BalasHapus