AL-QAWAID (KAIDAH-KAIDAH)


download : Powerpoint // word


Oleh : Dr. Rafiq Yunus Al-Mishriy
Penerjemah : Samsul Basri,S.Si (Magister Ekonomi Syariah UIKA Bogor)

Judul                   :  بحوث في فقه المعاملات المالية
                             Buhuts fi Fiqhi Al-Mu’amalat Al-maliyyah
Penulis               : Dr. Rafiq Yunus Al-Mishriy
Jumlah halaman  : 353 halaman
Cetakan buku      : cetakan kedua, tahun 2009
Penerbit              : Darul maktabiy

                Buku ini menggunakan bahasa arab fus’hah atau resmi sebagai bahasa pengantar. Yang menarik dari buku ini, mampu menjelaskan sejumlah aqad dan transaksi serta hal-hal yang terlarang darinya sesuai dengan tuntunan syariat islam secara ringkas namun detail. Resensi ini hanya meringkas salah satu bab dari bab-bab yang disebutkan dalam buku ini yaitu bab kedua tentang Al-qawaid.
              Bab ini sebanyak 13 halaman berbahasa arab. Ada dua pokok pembahasan utama di dalamnya yaitu pengertian Al-Qawaaid dan contoh-contohnya. Terkait dengan pengertian A-Qawaid dijelaskan bahwa ia adalah hukum yang menyeluruh yang dapat digunakan untuk semua perincian-perincian tertentu. Atau hukum yang banyak digunakan bahkan dikembangkan. Para peneliti masa kini mendefenisikan bahwa qawaid adalah hukum menyeluruh bersumber dari dalil yang syar’i, dibentuk dengan shigah (bahasa) yang ringkas dan mengandung hukum. Sedikit ataupun banyaknya digunakan berdasarkan perinciannya.
Diantara manfaat Al-Qawaid adalah bagaimana permasalahan yang banyak  dapat terangkum dengan satu qaidah. Memudahkan dalam menghafal furuiyyah, membantu dalam memberi fatwa, memahami tujuan, dan memudahkan mengenali semua permasalahan umum dengan fiqhi.
Namun yang perlu digaris bawahi, penjelasan penulis bahwa Al-Qawaid bukanlah dalil untuk menentapkan hukum-hukum fiqhi. Karena boleh jadi qawaid itu ditolak dengan pengecualian-pengecualian. Selain itu qawaid juga merupakan Asumsi dan bukan ketetapan. dan juga sebagian besar qawaid pada dasarnya adalah pengembangan. dan yang namanya pengembangan tidak menutup kemungkinan ada kekurangan padanya.
beberapa contoh qawaid yang dituliskan dalam buku ini: 
silahkan download : Powerpoint // word

0 komentar: