Hindari Pikun Usia Muda

Oleh : Rusdin, S.Si

Download tulisan, "Bismillah"




Pikun atau lupa ternyata tidak saja menyerang orang dengan usia yang telah lanjut (lansia), tetapi usia muda dapat pula terserang. Menjadi pikun merupakan bagian dari proses penuaan yang menjadi siklus hidup manusia. Fenomena pikun yang dialami orang lanjut usia adalah hal yang dimaklumi dan dianggap biasa. Adapun pikun di usia muda dan produktif merupaan hal yang menakutkan. Hal ini perlu diwaspadai, jika terus berulang, gangguan ini tentu akan menghambat pekerjaan. Berikut beberapa tips untuk mengurangi ganggguan pikun dan mengoptimalkan fungsi otak.

Berolahraga

Mulailah berolahraga secara teratur, dengan jumlah kualitas olahraga yang cukup akan membantu meningkatkan fungsi otak. Terutama yang dilakukan pada pagi hari (ingat…! hindari tidur pagi)

Istrahat cukup

Sebaiknya Anda memiliki jam tidur yang cukup dan teratur setiap hari. Dengan beristrahat cukup dan berkualitas akan terjadi proses regulasi sel dan sirkulasi darah di dalam tubuh.

Kurangi makanan berlemak

Usahakan untuk membatasi konsumsi junk food dan daging berkolesterol tinggi.

Penuhi kebutuhan nutrisi

Protein yang banyak terdapat pada ikan, biji-bijian, seperti kedelai maupun produk olahannya amat baik bagi pembentukan sel-sel otak. Jangan lupa untuk mengonsumsi jenis sayuran dan buah-buahan.

Jauhi stres

Beban pikiran yang telalu berat akan menurunkan konsentrasi seseorang. Belajarlah mengelola dan menyikapi masalah serta hadapi segala sesuatu.





0 komentar: