Nilai Iman dalam Takaran Emas



Oleh : Samsul Basri, S.Si
Tahukah anda wahai saudaraku nilai Iman bila ditakar dengan emas???
Mari tadabburi ayat ini (QS. ali Imran : 91),
إِنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا وَمَاتُوا وَهُمْ كُفَّارٌ فَلَنْ يُقْبَلَ مِنْ أَحَدِهِمْ مِلْءُ الأرْضِ ذَهَبًا وَلَوِ افْتَدَى بِهِ أُولَئِكَ لَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ وَمَا لَهُمْ مِنْ نَاصِرِينَ
"Sesungguhnya orang-orang yang kafir dan mati sedang mereka tetap dalam kekafirannya, maka tidaklah akan diterima dari seseorang diantara mereka emas sepenuh bumi, walaupun dia menebus diri dengan emas (yang sebanyak) itu. Bagi mereka itulah siksa yang pedih dan sekali-kali mereka tidak memperoleh penolong."
Berapakah berat bumi ini ???
Bila dicek dan ricek di Internet dpt dikabar-kabari berat bumi 59.760 miliar ton. agr mudah, dibulatkan menjadi 6 x 10^16 kg = (60.000 triliuan) kg.
Harga 1 gr emas = Rp. 500.000. berarti hrg 1 kg emas = Rp. 500 juta.
Sekiranya bumi ini penuh emas, maka harga bumi = Rp. 60.000 triliun x 500 juta = Rp. 30 triliun triliun. (Masyaallah berapa banyakkah nolnya). Kalau uang itu dibagi kepada penduduk bumi ini (manusia) yang berjumlah 6 miliar. Berarti setiap orang yang hidup di bumi mendapat jatah 5.000 triliun.
Bila saja orang yang menentang Allah alias kafir kepada Allah memiliki uang sebanyak itu, untuk menebus dirinya dari siksa pedih neraka. maka nilai itu tidak akan pernah bisa menebus dirinya dari azab Allah. betapa sia-sialah hidupnya di dunia.
Bahkan kalaupun ia memiliki uang senilai dua kali lipat dari emas sepenuh bumi, tetap saja nilai itu tidak akan bisa menebus dirinya dari azab Allah. Renungilah Firman-Nya di surat al-maidah ayat 36,
إِنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا لَوْ أَنَّ لَهُمْ مَا فِي الأرْضِ جَمِيعًا وَمِثْلَهُ مَعَهُ لِيَفْتَدُوا بِهِ مِنْ عَذَابِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ مَا تُقُبِّلَ مِنْهُمْ وَلَهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ
“Sesungguhnya orang-orang yang kafir Sekiranya mereka mempunyai apa yang dibumi ini seluruhnya dan mempunyai yang sebanyak itu (pula) untuk menebusi diri mereka dengan itu dari azab hari kiamat, niscaya (tebusan itu) tidak akan diterima dari mereka, dan mereka beroleh azab yang pedih.”
Lantas apa yang bisa menyelamatkan seseorang dari azab pedih di akhirat???
Jawabannya terdapat di surah as-shaff ayat 10-11. Allah berfirman :
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا هَلْ أَدُلُّكُمْ عَلَى تِجَارَةٍ تُنْجِيكُمْ مِنْ عَذَابٍ أَلِيمٍ .تُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ وَتُجَاهِدُونَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ بِأَمْوَالِكُمْ وَأَنْفُسِكُمْ ذَلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ.
."Hai orang-orang yang beriman, sukakah kamu aku tunjukkan suatu perniagaan yang dapat menyelamatkanmu dari azab yang pedih?. (yaitu) kamu beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwamu. Itulah yang lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui."

Kesimpulan : Nilai Iman sangat jauh melampaui harga emas memenuhi Bumi. Beruntunglah orang-orang yang beriman di dunia dan mati dalam keadaan beriman. Jangan pernah sedih wahai saudara muslimku, kitalah yang paling kaya di dunia ini. Allaahu Akbar. Allahu Akbar. Allahu Akbar.

1 komentar:

  1. Subhaanallah. wa'dallahi haqq, wa man ashdaqu minallahi qiilaa.

    BalasHapus